Rabu, 08 April 2009

Mengoptimalkan Shift di Autocad

shift

autocad memiliki ratusan tools. Jumlah yang sangat banyak. Terkadang kita terlewat bahwa tool tersebut ada. Kali ini saya akan mencoba membahas beberapa variasi fungsi yang dapat dilakukan dengan menekan [SHIFT]. Dapat sangat membantu untuk mengoptimalkan kerja kita di autocad. Terlepas apakah anda akan menggunakannya atau tidak, cukup menarik untuk mengetahuinya.

1. [SHIFT] + klik kanan

Variasi [shift] dan klik kanan mouse akan menampilkan context menu yang berisikan override untuk snap. Fungsi ini pernah di bahas terpisah sebelumnya

2. hold [SHIFT]

Menahan [shift] pada saat anda menggambar, akan mengaktifkan mode ’ortho’ untuk sementara. Efeknya sama dengan anda menekan [f8], tapi ini hanya untuk sementara. Cukup berguna jika anda sesekali butuh menggambar garis vertikal/horizontal, namun tidak ingin menggunakan mode ortho atau object snap tracking.

3. hold [SHIFT] + klik kiri

Pada saat anda memilih banyak objek, kadang-kadang lebih efektif jika anda memilih dengan cross polygon. Kemudian baru mengeluarkan objek tersebut dari selection. Anda dapat menahan [shift] dan mengklik objek-objek yang ingin anda keluarkan dari selection.

deselect

Catatan: anda dapat juga melakukan ini dengan mengetik R (remove) saat melakukan selection. Setiap kali anda mengklik, objek akan dikeluarkan dari selection. Dan mengetikkan A (add) akan kembali ke mode add selection.

4. [Shift] di Chamfer dan Fillet

Apa yang terjadi jika anda menggunakan chamfer/fillet dengan distance/radius 0? Cara ini sering dipakai sebagai cara cepat untuk menghubungkan dua garis. Anda sering menggunakannya? Berapapun radius (pada fillet) atau distance (pada chamfer), jika anda menahan [shift] maka chamfer dan fillet akan diberi jarak nol.

5. [Shift] di Trim dan Extend

Pada saat anda melakukan trim dengan acuan objek tertentu, anda mungkin ingin segera melakukan extend dengan acuan objek yang sama. Pada saat trim aktif, menahan [shift] akan mengaktifkan extend untuk sementara. Demikian pula saat extend, menahan [shift] akan mengaktifkan trim untuk sementara.

6. hold [SHIFT] + [SPACE]

Jaman saya pertama kali belajar autocad, untuk memilih objek yang saling bertumpuk, kita harus menahan [ctrl] dan mengklik objek-objek itu untuk ’cycle’ diantara mereka. Entah sejak kapan, fungsi ini sekarang berganti menjadi menahan [shift] dan menekan [space] sampai kita menemukan objek yang diinginkan.

loop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar