Selasa, 21 April 2009

Menambahkan Fungsi di klik kanan mouse

CUI sangat mempermudah kostumisasi command. Dan sangat fleksibel. Untuk membuat command baru dengan CUI, sudah pernah dibahas sebelumnya . Dan mungkin yang belum disadari, Kita juga dapat melakukan kostumisasi untuk klik mouse! Hal yang mungkin sulit dicapai waktu masih menggunakan MNU dulu. Di bagian ini, kita akan melakukan sedikit trik pada klik mouse kita. Saat kita memilih line, klik kanan akan memunculkan satu menu tambahan untuk mengubahnya jadi Polyline!

Dia utocad anda, cobalah ketik CUI [enter] untuk membuka dialog CUI. Jika anda belum pernah membuat command baru, cobalah baca tutorial untuk membuat command baru di CUI lebih dulu. Jika tidak, mungkin akan sedikit membingungkan karena di sini saya tidak akan terlalu detail.

Di CUI, pada bagian command list, di daftar command, klik kanan dan pilih New Command.

Sebuah command baru akan muncul dengan nama Command1. Klik kanan, pilih rename.

new command

Beri nama Line to PLine.

Berikan macro pada properties seperti yang dituliskan di sini.

^C^C_pedit;;;^C

macro

Ketik lah, jangan copy-paste. Sambil untuk latihan :)

Sekarang command anda sudah jadi. Sekarang kita akan menambahkannya pada context menu.

Lihat di bagian customization. Carilah grup shortcut menus, klik kanan di atasnya dan pilih new shortcut menu untuk menambahkan menu baru.

shortcut menu

Sama seperti pada membuat command, rename menjadi line object menu. Tentu saja, anda dapat menggunakan nama lain.

Sekarang lihat di sebelah kanan, bagian properties. Kita akan mendefenisikan agar menu ini hanya muncul saat kita memilih line. Kita harus menambahkan parameter OBJECT_LINE pada aliases. Artinya, jika kita memilih satu objek line, maka menu ini akan muncul pada context menu. Jika anda ingin menu ini muncul saat memilih beberapa garis, gunakan OBJECTS_LINE.

Ya, seperti dalam pelajaran bahasa Inggris, untuk jamak tambahkan huruf S dibelakang objek :)

properties

Untuk menambahkannya klik … di sebelah aliases. Ketikkan object_line di bawah alias POP520 yang diberikan autocad. Ingat, di bawahnya. Jangan ketik tanda koma dan menulisnya di sebelahnya.

Jika anda ingin menu ini juga bekerja untuk arc, tinggal tambahkan OBJECT_ARC pada baris berikutnya.

aliases

Setelah jadi, anda tinggal men-drag and drop command yang dibuat sebelumnya ke shortcut menu ini. Setelah anda drag and drop, command itu akan muncul di bawah shortcut yang anda buat.

cui finish

Klik OK untuk menutup CUI. Buatlah garis dan uji apakah command baru anda sudah bekerja. Buat sebuah line, klik untuk memilihnya. Klik kanan untuk memeriksa apakah menu anda sudah muncul. Cobalah aktifkan.

menu result

Sekarang LIST line anda, apa betul sudah jadi Polyline.

Jika anda lebih suka menggunakan double click, dapat juga mencoba menggunakan double click actions, bukan shorcut menus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar