Jumat, 14 Agustus 2009

UNION, SUBTRACT INTERSECT PADA OBJEK 2D

Umumnya kita sudah paham bahwa ketiga perintah tersebut (union, subtract, intersect) merupakan operasi boolean pada objek 3D solid. Perintah-perintah tersebut termasuk pada solid editing.

Pada extended tooltips autocad 2009 ketiga perintah tersebut diilustrasikan seperti berikut ini

union

subtract

intersect

Bila kita cermati, pada tooltips tersebut disebutkan juga bahwa ketiga perintah tersebut dapat diaplikasikan pada objek 2D berupa region.

Sebagai contoh misalnya saya memiliki sebuah rectangle dan circle. Kemudian keduanya saya ubah menjadi region. Dengan menggunakan perintah-perintah tersebut maka hasilnya akan seperti pada gambar berikut

2dboolean
Contoh lainnya dapat dilihat pada urutan gambar berikut

gear
Saya melakukan polar array pada sebuah rectangle terhadap lingkaran untuk memperoleh hasil seperti pada gambar paling kanan. Biasanya urutannya adalah sebagai berikut

  1. Membuat objek rectangle dan circle
  2. Array polar
  3. Trim

Berapa kali kita melakukan klik tombol mouse untuk melakukan trim? Yang pasti bagi saya, cukup merepotkan ;)

Bila saya mengubah objek tersebut menjadi region, kemudian menggunakan perintah UNION maka prosesnya kan lebih singkat. Perhatikan gambar berikut

union

Untuk penggunaan INTERSECT dapat dilihat pada gambar berkut
intersect

Bagamana dengan SUBTRACT? Anda dapat mencobanya sendiri dengan membuat 2 buah region yang saling overlapping. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar